Selasa, 31 Maret 2009

Pada perang Ahzab kitalah yang memerangi mereka, bukan mereka yang memerangi kita



Hadits : Abu Nua'aim menceritakan kepada kami, Sufyan bercerita kepada kami dari Abu Ishaq dari Sulaiman bin Shurd, ia berkata: “Bersabda Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam, 'Pada perang Ahzab kitalah yang memerangi mereka, bukan mereka yang memerangi kita.'” HR. Al-Bukhari, no 4109, bab ghazwah Khandaq.


Abdullah bin Muhammad bercerita kepada saya, Yahya bin Adam bercerita kepada kami, Israil bercerita kepada kamu, saya mendengar Abu Ishaq berkata, saya mendengar Sulaiman bin Shurd berkata, “Saya mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Tatkala saya dipulangkan (diperintahkan untuk pulang) dari Ahzab, mulai saat itu kitalah yang memerangi mereka, bukan mereka yang memerangi kita. Kita yang akan berjalan ke arah mereka.'”HR. Al-Bukhari, no 4110, bab ghazwah Khandaq.

Rawi

Sulaiman bin Shurd, ia adalah putra al-Jauni al-Khuza’i. Sualaiman bin Shurd ini adalah seorang Shahabat yang cukup masyhur. Dahulu ia bernama Yassar, lalu Rasulullah mengganti namanya.

Dalam Shahih al-Bukhari, Sualaiman bin Shurd tidak meriwayatkan hadits lain selain hadits ini dan hadits lain yang menceritakan tentang sifat Iblis. Sulaiman bin Shurd ini termasuk orang yang paling tua ketika ia ikut serta dalam rombongan orang-orang yang keluar dari Kufah untuk mencari jejak al-Husain bin ‘Ali bin Abu Thalib. Sulaiman bin Shurd gugur bersama beberapa orang sahabatnya di ‘Ain al-Wardah pada tahun 65 H.

Dalam jalur (sanad) kedua disebutkan bahwa Abu Ishaq mendengar mendengarkan hadits ini langsung dari Sulaiman bin Shurd.

Keterangan Hadits

dalam al-Mustahkraj, Abu Nua’aim meriwayatkan dari jalur Bisyr bin Musa dari Abu Nu’aim (guru imam al-Bukhari) dengan redsaksi: “sekarang kitalah yang memerangi mereka.” Ini juga disebutkan dalam riwayat Israil pada hadits berikutnya.“sekarang kitalah yang memerangi mereka.” Ini juga disebutkan dalam riwayat Israil pada hadits berikutnya. “Sungguh, Nabi shallahu ‘alaihi wasallam bersabda pada waktu perang Ahzab tatkala para Shahabat telah berkumpul dalam jumlah: ‘Setelah hari ini, mereka tidak akan memerangi kalian untuk selamanya; akan tetapi kalianlah yang akan memerangi kalian.” Wallahu a’lam.
[Fath al-Bari, VII/405]

iBRaHim

0 komentar:

 
.