Jumat, 06 Februari 2009

Tafsir : QS. Al Anfal: 9-10










Artinya: “(ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu Malaikat yang datang berturut-turut". dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Anfal: 9-10)

Ayat diatas turun dengan sebab istighosahnya Rasulullah shalallahu ‘alihi wasallam pada saat perang badar ketika beliau melihat para sahabat yang berjumlah sekitar tiga ratusan harus menghadapi kekuatan pasukan musyrikin yang berjumlah seribu lebih, kemudian beliau menghadap kiblat dan beristighosah, “Yaa Allah kabulkanlah apa yang telah Engkau janjikan kepadaku, Yaa Allah kalau seandainya engkau kalahkan dan binasakan kelompok dari ahlil islam ini niscaya Engkau tidak akan diibadahi lagi di muka bumi selamanya.” Beliau terus beristighosah sampai sorbannya terjatuh kemudian sahabat Abu Bakar radliyallahu 'anhu mendekatinya dan berkata, “Wahai nabi Allah cukupkanlah permohonanmu kepada Allah, pasti Allah mengabulkan apa yang telah dijanjikanNya kepadaMu wahai Rasulullah." Kemudian turunlah ayat ini.

Subhanallah, perasaan dan kondisi seperti apakah yang menyebabkan Rasulullah beristighosah kepada robbnya? Bukankah beliau seorang nabi? Bahkan beliau memiliki para shahabat yang pemberani dan terkenal dengan kehebatannya dalam beretempur? Bukankah hampir beliau dan para shahabatnya putus asa? Melainkan tabiat yang sesungguhnya dari sebuah pertempuran yang terjadi ketika menghadapi pasukan musuh begitu pula rintangan dan ujian yang selalu menghiasi jalan perjuangan akan selalu menyesakan dada seakan-akan digiring menuju kematian tetapi Allah Tabaroka wa Ta'ala menenangkan nabiNya dan orang-orang yang beriman. Maka cukuplah Allah Ta'ala sebagai pelindung bagi kita.

Imam Alqurthuby berkata, “Istighosah artinya meminta tolong dan kemenangan."

Imam Athobary menafsirkan ayat di atas;




"Allah Ta'ala menghancurkan kebatilan ketika kalian beristighosah kepada Rob kalian.” Maka yang dimaksud "Ketika" sudah mulai menghancurkan kebatilan itu, sehingga maksud “Tastaghisuna robbakaum” kalian minta diselamatkan dari musuh kalian dan memohon pertolongan untuk mengalahkan mereka. “Fastajaabalakum" maka aku kabulkan do'a kalian dengan menurunkan ribuan malaikat dengan berbondong bondong.
























Artinya: “Dari ibnu Abbas radliyallahu ‘anhu berkata, “Berdiri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bersabda, “Yaa Allah Engkau turunkan al-kitab kepadaku, Engkau perintahkan aku untuk berjihad, Engkau janjikan kepadaku kemenangan dan Engkau tidak menyelisihi janji.” Maka datanglah malaikat Jibril kepadanya membawa ayat Allah, “(ingatlah), ketika kamu mengatakan kepada orang mukmin: "Apakah tidak cukup bagi kamu Allah membantu kamu dengan tiga ribu Malaikat yang diturunkan (dari langit)?" Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertaqwa, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.”

Renungan ayat

Satu hal yang harus dilalui para pemegang bara perjuangan adalah dashyatnya badai permusuhan dan kebencian yang ditiupkan para tentara syetan, dimana Allah Ta'ala telah pilihkan orang kafir sebagi ujian bagi orang yang beriman pada setiap zaman dengan mengerahkan semua tentaranya, mereka berusaha mengembalikan kaum mukminin menjadi murtad, maka segala puji milik Allah Ta'ala yang menganugerahkan kepada kita Al-Qur'an sehingga kita selalu terbimbing tatkala menghadapi segala permasalahan. Ayat di atas memberikan pelajaran kepada kita untuk tidak boleh lupa dengan proses kemenangan dan tabiat permusuhan antara haq dan batil, jika kita punya sangkaan bahwa kemenangan didapat dengan cara mudah dan tanpa darah yang tertumpah maka dimana dan seperti apa jihadnya Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam?

Alloh berfirman:














Artinya: “Dan tatkala orang-orang mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: "Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita". dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan.” (QS. Al Ahzab:22)










Artinya: “(yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", Maka Perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung".” (QS. Ali Imran: 173)

Dua ayat dia atas menceritakan tentang kondisi yang luar biasa mencekam pada saat berhadapan dengan tentara syaiton, tetapi Allah Ta'ala menenangkan NabiNya dan orang yang beriman dengan pertolongan dan kemenangan yang dijanjikanNya, sebagaimana firmanNya;













Artinya: “Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus sebelum kamu beberapa orang Rasul kepada kaumnya, mereka datang kepadanya dengan membawa keterangan-keterangan (yang cukup), lalu Kami melakukan pembalasan terhadap orang-orang yang berdosa. dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar Ruum: 47)

Sudah menjadi kewajiban Allah Ta'ala untuk menolong orang mukmin, tinggal kewajiban kita bagimana berusaha untuk menyempurnakan keimanan sebagai modal untuk mendapatkan pertolongan Allah Ta'ala, sementara Allah Ta'ala tidak menyelisihi janjiNya, tanpa meghimpun kesempurnaan iman mustahil Allah Ta'ala menurunkan malaikat-Nya dan memberikan kemenangan.

Akhlak penting bagi kita tatkala menemukan rintangan dan ujian yaitu tafwidh kepada Allah Ta'ala, karena Dialah yang menguasai semua makhlukNya sehingga ujian bukan menggugurkan keimanan melainkan menambah keimanan dan ketenangan itulah semestinya mental para pemegang bara perjuangan, wallohu a'lam bissowab.
















1 komentar:

Unknown mengatakan...

syukron, jazzakumulloh khoiron katsiro

 
.