Senin, 02 Maret 2009

Mujahidin Darfur Berjanji Menjatuhkan Bashir jika ICC Mengeluarkan Tuntutan


DARFUR (Arrahmah.com) – Pemimpin kelompok mujahidin terkuat Darfur mengeluarkan bahwa pasukannya akan memusatkan kembali usaha untuk menjatuhkan Presiden Sudan, Umar al-Bashir jika Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah atas penangkapannya.

Pemimpin Justice and Equality Movement (JEM) Khalil Ibrahim, berkata “Jika surat itu datang, bagi kami, saat itu pula kekuasaan Bashir sebagai Presiden Sudan berakhir.”

Pihak ICC mengatakan Senin (23/2) kemarin bahwa surat penangkapan tersebut akan berlaku minggu depan, karena Luis Moreno-Ocampo selaku kepala pengadilan telah memintanya.

Moreno-Ocampo menyalahkan pembantaian Bashir, kejahatan kemanusiaan dan kejahatan perang di wilayah konflik Darfur.

Ibrahim berbicara seminggu setelah JEM menandai kesiapannya untuk membangun fondasi bagi perdamaian dengan pemerintah Sudan, sesuatu pembicaraan mereka di Qatari, Doha. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama sejak 2007 antara pemerintah dan perwakilan JEM.

Bagaimanapun, ia memperingatkan pemerintah Sudan yang “tidak pernah punya pendirian dan tidak pernah menghormati kesepakatan yang mereka tandatangani.” (Althaf/arrahmah)




1 komentar:

Andri Faisal mengatakan...

tuntutan ICC jelas tidka bisa dibenarkan. KAlau ICC benar kenapa bukan Olmert saja yang ditangkap

 
.